Implementasi Aplikasi Warehouse Management Systems (WMS)


10 August 2014

Sumber : Article “Realization of Warehouse Management Systems”

Implementasi aplikasi Warehouse Management Systems (WMS) perlu dipandang sebagai sebuah project yang memiliki timeline, goal dan team yang dibentuk dari beberapa fungsi dalam suatu Perusahaan yang terkait erat kepada proses operasional gudang. Implementasi aplikasi WMS dapat dibedakan atas : (1) Replacment atas aplikasi yang berjalan saat ini, atau (2) Instalasi aplikasi baru.

Asosiasi Engineers di Jerman (VDI) memiliki suatu standar untuk mengelola project management untuk instalasi aplikasi WMS dalam suatu standard VDI 2523 (Project management for logistics systems in material flow and warehousing).

 project management untuk instalasi aplikasi WMS

 

1. Requirement definition

Fase ini mulai setelah Perusahaan menganalisis bahwa sistem  yang berjalan (baik memakai aplikasi maupun secara manual) tidak dapat menjawab kebutuhan operasional gudang Perusahaan. Beberapa alasan untuk melakukan implementasi WMS antara lain adalah :

- Pemakaian teknologi baru yang membutuhkan dukungan aplikasi

- Peningkatan Key Performance Indicators

- Pengelolaan warehouse yang bersifat multi tenant

- dan beberapa alasan lainnya

2. Preparation of tender documents

Sebelum proyek ini berjalan kita harus mempersiapkan kebutuhan teknis dari aplikasi WMS serta menyiapkan dokumen pendukung terkait validasi, petunjuk, hukum serta regulasi perusahaan mengenai proses pengadaan.

3. Order placement

Setelah dokumen untuk tender telah dilengkapi perusahaan melakukan seleksi awal untuk para provider yang menyediakan jasa mengenai WMS. Seleksi ini dimaksudkan untuk memilih provider dengan kinerja terbaik serta sesuai dengan kemampuan perusahaan (budget) .

Proses seleksi berikutnya yaitu dengan melakukan perbandingan antar satu provider dengan provider  lainya menyangkut kemampuan mereka dalam melayani kebutuhan perusahaan.

Tahap akhir dari proses ini yaitu dengan melakukan presentasi mengenai jasa WMS yang mereka berikan sehingga hasil akhir dari proses ini perusahaan telah dapat memilih provider jasa WMS mana yang akan dipilih.

4. Implementation

Pada tahap ini vendor terpilih akan dilihat kembali apakah spesifikasi yang dimiliki  sesuai dengan  keinginan perusahaan selain itu juga untuk melihat secara teknis apakah para pengguna WMS ini nantinya akan mampu mengaplikasikannya.

Peninjauan ini bertujuan meminimalkan kesalahan ketika melakukan implementasi aplikasi WMS. Seringkali aplikasi WMS dibangun dengan menyesuaikan pada proses bisnis di Perusahaan, hal ini menjadi nilai tambah bagi penyedia jasa WMS sejauh mana mereka mampu melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan Perusahaan.

Apabila tahap ini sudah dimengerti dan dikuasai oleh user dari Perusahaan maka selanjutnya adalah melakukan realisasi uji coba penggunan WMS pada gudang tersebut sehingga hasil demo dari aplikasi tersebut dapat dikaji kesesuaiannya dengan kebutuhan Perusahaan.Apabila dirasa masih ada yang kurang sesuai maka diharapkan segera dilakukan evaluasi mengenai hal tersebut untuk dilakukan perbaikan.

 

5. Acceptance

Pada tahap ini  WMS telah bisa digunakan oleh Perusahaan dengan spesifikasi serta kinerja yang sesuai dengan standard yang ditetapkan. Namun selama penggunaanya perusahaan tetap melakukan pemantauan dan evaluasi mengenai kinerja agar jika terjadi error pihak provider cepat menyiapkan solusi mengenai masalah tersebut sehingga kegiatan operasional gudang tidak terganggu lama.

Dengan digantinya sistem WMS terbaru ini diharapkan semua fungsi baru dari WMS akan menyelesaikan kendala teknis yang selama ini terjadi, sehingga kendala operasional perusahaan dapat diselesaikan dan sistem pergudangan dapat berjalan dengan semestinya. Pergudangan yang baik akan membuat perputaran barang menjadi lebih efektif dan control barangpun akan mudah di manage yang imbasnya efek kerugian dapat ditekan.

—–

Langkah Tawang - Junior Consultant

—–

Download Artikel Implementasi Aplikasi Warehouse Management System (PDF)


Article

Silahkan subscribe alamat email anda di sini untuk menerima notifikasi setiap artikel baru

Join 28 other subscribers