In House Training : Warehouse dan Inventory Management


17 February 2016

Training Warehouse Management

A Theory and Best Practices Approach for Warehouse and Inventory Management.

Excelogic Consulting and Training sebagai Perusahaan yang bergerak di bidang Konsultasi dan Training menyediakan jasa Training Warehouse Management untuk Perusahaan yang membutuhkan. Pendekatan Training kami adalah fokus pada Teori dan Best Practices untuk Warehouse dan Inventory Management.

Mengapa teori diperlukan? Karena tentu dalam mendekati masalah diperlukan kerangka berpikir yang seimbang antara pendekatan pengalaman dan dengan pendekatan teoritis. Beberapa pendekatan yang dilakukan hanya berdasarkan Best Practices akan terlihat memiliki fondasi yang lemah  dan tidak applicable di kasus-kasus lain, demikian dengan pendekatan teoritis akan terlihat rumit untuk memecahkan masalah di perusahaan.

Materi Training In-House dari Excelogic Consulting and Training adalah sebagai berikut

 

Inventory Management Theory

Bagian Inventory Management disampaikan dengan membahas mulai dari Teori dari Inventory Management yang banyak disampaikan di dunia akademis atau dibahas di buku-buku Logistics Management. Pada bagian ini, peserta juga diperkenalkan Kemudian beberapa formula / rumus standard untuk perhitungan persediaan serta metode untuk melakukan stock opname / cycle count.

Pada akhir topik Inventory Management akan dilakukan semacam studi kasus manajemen persediaan pada industry. Pelatihan disampaikan dengan contoh-contoh sederhana dan aplikatif meskipun sebagai dasarnya peserta training diberikan juga teori-teori Inventory Management. Peserta mendapatkan file-file Excel yang berisikan metode perhitungan persediaan yang telah dilengkapi dengan contoh kasus sehingga mudah dipahami dan dapat digunakan untuk keperluan pekerjaan sehari-hari.

 

Untuk topik Warehouse Management dibagi kepada 4 bagian besar, yatu Traditional vs Modern Warehouse, Warehouse Cost Structure, Warehouse Improvement serta Basic Literature dan Teori tentang Warehouse.

Traditional vs Modern Warehouse

Bagian ini membahas bagaimana komparasi operasional pada Traditional Warehouse dibandingkan dengan Modern Warehouse terkait dengan desain tempat penyimpanan (storage), strategi pengambilan barang, material handling equipment (MHE) yang digunakan serta bagaimana metode manual penggunaan teknologi pada warehouse.

Warehouse Cost Reduction

Peserta Pelatihan mendapatkan pelatihan bagaimana dan apa saja struktur biaya dari warehousing. Setelah itu dipelajari juga bagaimana riset dan penelitian terkait campaign-campaign untuk  penurunan biaya warehousing dan contoh project mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks terkait dengan penurunan biaya warehouse.

Warehouse Improvement

Pada bagian ini akan dipaparkan bagaimana riset/penelitian terkait improvement pada warehouse yang diambil dari ranah akademis (jurnal, buku, dsb). Kemudian dilanjutkan mengupas mengenai Key Performance Indikator pada Warehouse, praktek melakukan warehouse layout dan desain, pemahaman dasar mengenai HSE (health and safety environment) pada warehouse, Implementasi 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat dan Rajin) serta bagaimana aplikasi WMS (Warehouse Management System) dapat mengoptimalkan kinerja operasional Warehouse.

Topik Warehouse Improvement ini cukup lengkap memaparkan mulai dari teori mendasar sampai best practices dalam melakukan improvement warehouse. Diharapkan peserta yang mengikuti topik ini dapat memiliki pemahaman bagaimana logika melakukan improvement pada operasional warehouse. Improvement tidak terbatas pada hal yang besar dan rumit semata, namun dapat perbaikan yang sederhana dan dapat diimplementasikan dengan cepat.

Basic Literature and Theory

Sekalipun pada beberapa bagian training ini telah diselipkan riset dan penelitian yang lebih bersifat akademis, pada bagian akhir training kembali diberikan 3 (tiga) materi mendasar untuk memantapkan fondasi bagi peserta melalui materi Kaizen dan Continous Improvement, Lean Concept serta Operation Management.

Meskipun bagian ini mengupas mengenai literatur dan teori, namun penyampaian materi ini akan bersifat pada pengalaman kerja sehari-hari, diskusi dan sharing, yang diharapkan peserta mampu memahami ada teori dan literature yang dapat mereka terapkan untuk melengkapi dalam pekerjaan sehari-hari.

Penyampaian Training Warehouse dan Inventory Management ‘A Theory and Best Practices Approach for Warehouse and Inventory Management’ dilakukan selama 2 hari dengan total waktu kurang lebih 16 jam. Metode penyampaian yang digunakan adalah 40% Lecture Presentation, 30% Case Study and Discussion, serta 30% Workshop.

In House Training dari Excelogic Consulting and Training telah termasuk beberapa hal berikut

  • Sertifikat, Modul Hardcopy + Softcopy (Power Point)
  • Training Kit (Block Note, Flashdisk, etc)
  • Initial visit (2-3 hari)
  • Pre and Post Training Analysis (evaluasi hasil training sampai 3 bulan setelah training)
  • Diskusi serta konsultasi secara online.

 Nilai Pembeda yang ditawarkan dari In-House Training dari Excelogic Consulting and Training

  • Termasuk pre visit 1-2 minggu sebelum training untuk develop modul sesuai dengan proses bisnis perusahaan klien
  • Materi yang diberikan termasuk softcopy dalam bentuk PowerPoint sehingga bias digunakan untuk keperluan lebih lanjut.
  • Desain slide powerpoint yang menarik, informatif dan mudah dimengerti.
  • Pre and Post Training Analysis sampai surveillance 3 bulan setelah training untuk cek apa saja yang sudah diimprove

PPT-04 Our Services - Training Approach

———————————————————————-

Download Silabus Training Warehouse Management  (PDF)

EXCELOGIC CONSULTING AND TRAINING  menjadi mitra anda baik sebagai Konsultan dan Training di bidang Logistics dan Supply Chain Management untuk menghasilkan solusi yang terukur, aplikatif dengan pendekatan teorititis serta pengalaman menjadi mendeliver In House Training di beberapa Perusahaan.

Hubungi EXCELOGIC pada link berikut atau email : admin@excelogic.info untuk berdiskusi lebih lanjut.


Article

Silahkan subscribe alamat email anda di sini untuk menerima notifikasi setiap artikel baru

Join 26 other subscribers