Konsultan Manajemen Logistik


29 June 2014

Pertumbuhan Industri Logistik

Lembaga konsultan dan penelitian Frost & Sullivan, memprediksi pertumbuhan industri logistik Indonesia mencapai 14.7% dari Rp1.6 triliun pada tahun 2013 menjadi Rp.1.8 triliun pada tahun 2014. Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia, pertumbuhan industri logistik sebesar 14% dinilai cukup wajar, karena dari tahun ke tahun industri logistik di Indonesia semakin meningkat, hal ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya investor-investor asing yang tertarik untuk menanamkan modalnya pada sektor logistik di Indonesia. Meskipun pertumbuhan ini tidak diimbangi dengan pembenahan dan pembangunan infrastruktur yang mendukung industri logistik yang dapat menurukan biaya logistik agar tercipta daya saing tinggi dalam cakupan global.

Upaya pemerintah untuk memajukan industri logistik telah dilakukan, dan tentunya dengan dorongan pelaku usaha logistik untuk penurunan biaya dan peningkatan daya saing sudah menampakkan hasil dengan dikeluarkannya Kepres No 26 tahun 2012 tentang SISLOGNAS (Sistem Logistik Nasional), yang disebut pula sebagai cetak biru pengembangan industri logistik Indonesia sampai 2025.

Pertumbuhan 14.7% pada tahun 2014 merupakan sebuah peluang investasi yang cukup menjanjikan bagi perusahaan-perusahaan lokal maupun asing, yang tentunya diikuti oleh usaha-usaha pendukung, seperti perusahaan racking, material handling equipment, health and safety equipment, konsultan manajemen logistik dan lainnya.

Perusahaan-perusahaan di sektor manufaktur, pertambangan maupun industri lainnya masih kurang aware dan mendukung keberadaan jasa konsultan manajemen logistik untuk dilibatkan secara langsung dalam perbaikan dan pengembangan logistik manajemen di industri mereka. Bahkan mereka cenderung untuk membangun usaha logistik sebagai anak perusahaan yang mendukung jalannya usaha inti.

Struktur Persaingan dan Industri

Segmentasi pergudangan, transportasi dan kurir, diperkirakan akan memberikan kontribusi 3.5% pada pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2014. Prediksi ini disampaikan oleh Frost & Sullivan dalam laporan Indonesia Logistics Outlook 2013

Informasi tersebut menjadi gambaran ketatnya persaingan bisnis logistik di Indonesia pada tahun 2014, dengan pertumbuhan dikisaran 14.7% dan kontribusi 3.5% terhadap pertumbuhan ekonomi, ditambah dengan telah disahkan Perpres No.26 tahun 2012 tentang SISLOGNAS (Sistem Logistik Nasional).

Berikut hasil survey yang dilakukan oleh SWAplus pada November 2012, terhadap perusahaan-perusahaan logistik lokal maupun asing, mengenai pengakuan kosumen terhadap kinerja mereka berdasarkan dua kriteria, yakni aspek kepuasan pelanggan yang terdiri dari lima faktor dan aspek rekomendasi.

Hasil survey diatas menunjukkan, perusahaan logistik lokal memiliki daya saing yang cukup kuat dibandingkan dengan perusahaan asing dan memiliki peluang untuk menguasai pasar layanan logistik dalam negeri.

Perusahaan Konsultan Manajemen Logistik di Indonesia

Menurut data INKINDO (Ikatan Nasional Konsultan Indonesia) tercatat lebih dari 1.000 perusahaan konsultan telah terdaftar sebagai anggota INKINDO, tersebar di seluruh Indonesia. Sebagian besar bergerak dalam bidang konsultan konstruksi dan management, namun sayangnya, untuk saat ini struktur persaingan antar perusahaan konsultan belum terpetakan dan tidak ada data yang menunjukkan perusahaan konsultan yang menguasai pasar atau menjadi pemain yang dominan di masing-masing sektor.

Konsultan Manajemen Logistik yang cukup familiar di market Indonesia cukup beragam, terdapat beberapa perusahaan konsultan asing dan lokal seperti: Logistics Consulting Asia (Malaysia), AurionPro (India), Putra Primus (Malaysia), JLL (AS), Supply Chain Solution Indonesia (Indonesia), SCOFINDO (Indonesia), dan beberapa lembaga penelitian dan pengembangan masyarakat yang bernaung di bawah universitas negeri maupun swasta. Akan tetapi tidak ada satu nama pun yang benar-benar menguasai pasar.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia akan diikuti dengan pertumbuhan pada infrastruktur logistik serta perusahaan-perusahaan penyedia jasa layanan logistik. Seiring dengan itu diperkirakan peran konsultan manajemen logistik akan semakin dibutuhkan untuk memastikan aktifitas logistik perusahaan telah berjalan dengan baik.

—————————–

Nyoman Purnaya (Excelogic – June 2014)

——

Download Artikel Konsultan Manajemen Logistik (PDF)


Article

Silahkan subscribe alamat email anda di sini untuk menerima notifikasi setiap artikel baru

Join 26 other subscribers