Meningkatkan Kapasitas Gudang


30 November 2013

Meningkatkan Kapasitas Gudang

Buku How to Increase Your Warehouse Capacity merupakan salah satu bahan bacaan saat saya sedang terlibat dalam project konsultasi untuk menganalisa layout dan space gudang perusahaan FMCG (Fast Moving Consumer Goods), dimana salah satu key deliverables nya adalah meningkatkan kapasitas gudang.

Buku ini mengklaim telah mereview 191 cara meningkatkan kapasitas warehouse  yang telah dibuktikan, meskipun ternyata setelah selesai dibaca ada banyak poin yang diulang-ulang pada 191 cara yang diberikan oleh si penulis buku.

Saya coba membahas nya sedikit di website Excelogic Consulting and Training ini, sehingga mungkin dapat membantu memberi inspirasi untuk memahami beberapa cara meningkatkan kapasitas gudang. Saya akan membahas beberapa poin utama saja yang cukup praktis dan memberikan hasil signifikan. 

Pemanfaatan space vertikal

Store higher (page8) , merupakan cara peningkatan kapasitas warehouse dengan memaksimalkan tinggi gudang. Pemakaian material handling equipment (MHE) jenis heavy duty racking adalah salah satu implementasi dari pemanfaatan space vertikal.

Jenis rak sendiri juga bermacam-macam, yang paling umum kita ketahui adalah jenis selective racking, namun selain jenis ini tentu banyak jenis lainnya seperti : double deep rack, drive-in rack, gravity rack, shuttle / satellite rack , pushback rack dan sebagainya. Mengenai tipe-tipe rak akan saya tulis pada bagian lain di website ini.

Selain penggunaan rak , pemanfaatan space vertikal di bagian lain pada buku ini juga diterjemahkan dengan membangun mezzanine untuk meningkatkan kapasitas gudang (Build a structural mezzanine (page 24)) , dimana mezzanine berguna sebagai lantai tambahan yang memberi space extra untuk menyimpan barang.

Mezzanine 2 (source : http://bit.ly/1b67KWt )


Penggunaan mezzanine wajib dilakukan dengan strategi penyimpanan barang, dimana untuk barang fast moving dan/atau berukuran besar disimpan di bagian bawah, serta barang kategori slow moving dan berukuran relatif sedang-kecil disimpan di bagian atas (lantai mezzanine).

Ketika memilih jenis mezzanine yang akan digunakan, juga perlu memperhatikan aktfitas operasional yang akan dilakukan di atas mezzanine. Aktifitas tinggi dengan load barang yang berat tentu membutuhkan spesifikasi mezzanine tertentu yang harganya lebih tinggi dibandingkan mezzanine dengan load barang yang lebih rendah.

Penambahan ‘beam’ antar rak

dalam buku dikatakan Bridge the ends of aisles (page 124) , yaitu penambahan beam di antara rak sedemikian rupa sehingga bisa dimanfaatkan sebagai tempat meletakkan barang atau pallet. Prinsip cara penambahan beam antar rak ini adalah : Safety serta kemudahan akses secara operasional.

Gambar dari penambahan beam antar rak bisa dilihat pada gambar berikut :

Cross aisle rack ( source : http://bit.ly/18PTAJk )

Metode cross aisle ini cukup favorit di tempat bekerja saya dahulu (salah satu peritel nasional) , meskipun penambahan space tidak terlalu signifikan, namun metode cross aisle ini dipandang cukup mudah diimplementasikan untuk meningkatkan kapasitas gudang. Pada gambar cross aisle rack di atas , gudang sudah didesain untuk memiliki tambahan beam di atas lorong denganmenyisakan space forklift berjalan di bawah cross aisle rack.

Menggunakan lorong yang lebih sempit

Use narrower aisles (p8) , dikatakan di buku ini bahwa pemakaian lorong yang lebih sempit akan meningkatkan kapasitas gudang.  Tentu mudah dimengerti, karena dengan lorong yang lebih sempit maka jumlah rak yang dapat dipasang akan lebih banyak.

Dalam mendesain sebuah gudang sebaiknya menyesuaikan dengan lorong antar rak dengan material handling equipment (MHE) yang digunakan. Sebagai contoh sebuah Forklift kapasitas 3 ton tidak memerlukan lorong selebar 4 meter atau sebuah Reach Truck tidak memerlukan lorong seluas 3.5 meter.

Cara lain yang dapat dipertimbangkan adalah penggunaan material handling equipment (MHE) khusus seperti very narrow aisle truck (VNA truck) , yang hanya memerlukan space 2,5 meter untuk melakukan manuver. Namun harga MHE jenis ini masih cukup tinggi serta jika terjadi kerusakan akan sulit untuk mencari pengganti sementara. 

—————————–

Merari (Excelogic – November 2013)

Download Artikel Meningkatkan Kapasitas Gudang (PDF)


Article

Silahkan subscribe alamat email anda di sini untuk menerima notifikasi setiap artikel baru

Join 28 other subscribers