Metode Pick To Light Pergudangan


20 January 2014

Beberapa warehouse/distribution center untuk industri retail  dituntut untuk beroperasi 24 jam selama 7 hari untuk memenuhi dinamisnya perputaran dunia retail. Untuk mencapai titik itu dibutuhkan inovasi yang didukung oleh teknologi dan sistem informasi yang mumpuni, sehingga operasional Warehouse mampu mencapai titik optimal . Salah satu inovasi pada Warehouse adalah penggunaan Metode Pick To Light.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan Metode Pick To Light Pergudangan itu? Secara sederhana konsep ini adalah operasional gudang dimana warehouse man (helper, picker, operator, dsb) melakukan kegiatan pengambilan / peletakkan barang berdasarkan jumlah yang ditunjukkan oleh digital display untuk kemudian melakukan konfirmasi oleh tombol yang terletak pada digital display tersebut.

Digital Display menunjukkan angka jumlah barang yang harus diambil / diletakkan oleh seorang warehouse man. Setiap digital display memiliki id unik yang terkoneksi dengan computer server yang akan menerima informasi untuk kemudian mendistribusikan informasi berupa data angka yang akan muncul ke setiap digital display.

Lalu apa benefit dari metode Pick To Light & Put To Light ? Beberapa keunggulan dari metode ini akan coba saya paparkan dalam artikel ini.

Paperless

Metode ini mengganti fungsi kertas sebagai petunjuk operator gudang dalam melakukan packing menjadi lampu. Hasil picking akan direkam dalam program WMS (Warehouse Management Systems) sehingga tidak dibutuhkan adanya kertas dokumen untuk menjadi bukti hasil picking.

Kecepatan

Alur operasional picking tidak dimulai dari pencetakan picking order, melainkan order picking akan berjalan secara data dari server (yang dibawah kendali admin) ke Digital Picking yang ada di gudang. Sehingga tidak diperlukan operator yang mondar-mandir untuk menyerahkan kertas picking order ke bagian gudang.

Secara khusus faktor kecepatan ini menurut saya adalah hal yang utama bagi suatu industri melakukan investasi Pick To Light. Sebagai contoh untuk salah satu minimarket peritel dalam negeri metode ini memungkinkan 1 outlet dapat dipicking dalam waktu maksimal 2 menit, hal ini dimungkinkan karena proses packing dilakukan oleh beberapa helper sekaligus secara paralel.

Accuracy

Karena Digital Picking diletakkan di dekat product yang akan di-picking, maka kemungkinan kesalahan picking sangat kecil. Operator akan melihat petunjuk dari Digital Picking dan mengambil barang sesuai petunjuk tersebut, bandingkan dengan penggunaan kertas picking order yang memuat banyak data yang secara visual lebih membingungkan.

Easy to Adjust

Tombol pada Digital Picking ini juga mengakomodasi perubahan angka picking. Misalkan order sebanyak 5 pcs , sementara available barang adalah 3 pcs (karena inventory tidak akurat) , maka operator cukup menekan tombol pengurangan sebanyak 2x untuk memberi tahu sistem bahwa order 5 pcs hanya dipenuhi 3 pcs.

Sebelum melakukan investasi untuk Pick To Light , tentu perlu dianalisa biaya investasi dan keuntungan (benefit cost) yang diraih oleh perusahaan atas adanya investasi tersebut. Analisa kelayakan ini perlu dilakukan secara mendetail dan turut mensimulasikan kemungkinan-kemungkinan masa mendatang. 

Secara umum saya berpendapat bahwa metode ini layak dianalisa untuk karakteristik warehouse/distribution center sebagai berikut :

  • Mengirim ke lebih dari 150 outlet per hari dan akan terus bertambah
  • Memiliki jenis barang lebih dari 1,000 SKU (Stock Keeping Unit)
  • Karakteristik pengiriman barang dalam satuan kecil (pieces)
  • Membutuhkan kecepatan tinggi (speed) mulai dari order s/d delivery

Investasi yang dikeluarkan memang tidaklah murah, 1 unit Digital Display dapat mencapai angka jutaan rupiah, vendor Pick To Light ini masih didominasi oleh vendor luar negeri termasuk konsultan dan biaya instalasi sistem (Warehouse Management System) yang mendukung metode ini. Namun ketika kita melihat benefit yang dimunculkan mungkin Pick To Light adalah akan memberi kontribusi yang signifikan bagi profitabilitas perusahaan serta meningkatkan visibilitas dalam supply chain management perusahaan anda, maka mungkin instalasi pick to light dapat menjadi solusi untuk bisnis anda dalam jangka panjang.

—————————–

Merari (Excelogic – Maret 2014)

—–

Download Metode Pick To Light Pergudangan (PDF)


Article

Silahkan subscribe alamat email anda di sini untuk menerima notifikasi setiap artikel baru

Join 26 other subscribers