Perencanaan Kebutuhan Warehouse


20 May 2014

Dalam blog pribadi saya sudah pernah menuliskan seri Tulisan Perencanaan Pembangunan Gudang yang terdiri atas 3 tulisan :

Seri tulisan tersebut cukup sistematis mereview bagaimana secara umum langkah-langkah dalam perencanaan pembangunan gudang logistik, mulai dari tahapan awal Pre Study Analysis, Feasibility Study sampai ke tahapan Startup Plan.

Pada artikel ini akan dibahas bagaimana langkah-langkah untuk perencanaan kebutuhan warehouse, saya coba tuliskan ini berdasarkan beberapa pengalaman yang pernah saya lakukan dan terbukti cukup efektif.

Tulisan ini berbentuk poin-poin singkat saja, untuk lebih mendetail mungkin dapat membuka link atau mendownload slideshare tentang Perencaan Kebutuhan Warehouse pada bagian akhir tulisan ini.

Paling tidak ada 8 langkah yang dibutuhkan dalam merencanakan kebutuhan warehouse, langkah-langkah tersebut adalah :

  1. Analisa barang dan tipe storage
  2. Rencana operasional warehouse
  3. Menentukan kebutuhan material handling equipment (MHE)
  4. Menghitung kebutuhan space warehouse
  5. Membuat list kebutuhan infrastruktur warehouse
  6. Pembuatan layout warehouse
  7. Menganalisa kebutuhan personil
  8. Proyeksi biaya gudang

 

Perencanaan Kebutuhan Warehouse

Semakin kompleks operasional warehouse akan dilakukan, maka akan semakin detail dan rumit juga perencanaan yang dibutuhkan. Setiap detail perencanaan kebutuhan warehouse bertujuan untuk mendukung operasional warehouse pada titik yang optimal, tidak sekedar efisiensi biaya namun juga memperhitungkan efektifitas dari operasional itu nantinya.

Ke-delapan langkah perencanaan kebutuhan warehouse membutuhkan adanya suatu pengalaman , kemampuan serta pemahaman yang kuat mengenai business process perusahaan serta aktifitas operasional gudang. Mulai dari langkah analisa barang dan tipe storage sampai ke langkah akhir proyeksi biaya gudang harus menjawab kebutuhan operasional gudang nantinya.

Tidak jarang untuk suatu project warehouse design , perusahaan menyewa jasa konsultan asing dengan biaya yang tidak sedikit (antara ratusan juta sampai miliaran rupiah) , hal ini dilakukan karena perusahaan benar-benar ingin memastikan design warehouse yang mereka miliki adalah design terbaik.

Sekitar tahun 2009 sampai dengan tahun 2010 kedua peritel besar di Indonesia pada rentang waktu yang sama sama-sama mengubah konsep Distribution Center (DC) konvensional mereka menjadi sebuah DC yang modern dengan melibatkan teknologi yang lebih canggih serta beberapa material handling equipment (MHE) baru yang secara signifikan mengurangi jumlah karyawan gudang sampai 25%-35%.

Perbedaan yang menonjol antara ke-2 peritel tadi adalah tim perencanaan yang melakukan analisa dan desain , peritel yang satu menggunakan konsultan asing sedangkan peritel yang lain mengandalkan tim kecil lintas departemen yang dipersiapkan khusus untuk mempersiapkan konsep DC model baru. Pada akhirnya memang kedua peritel tersebut berhasil mengimplementasikan konsep tersebut, uniknya supplier yang dipakai mulai dari supplier rack, MHE, conveyor, gadget wifi , dan lain sebagainya merupakan supplier yang sama.

Perencaan kebutuhan warehouse untuk beberapa orang yang telah ahli dan berpengalaman di bidang ini telah menjadi semacam ‘seni’ dibanding keahlian. Sedemikian unik dan luar biasa ide-ide yang lahir dari orang-orang tersebut untuk menghasilkan suatu design warehouse yang cocok untuk operasional perusahaan.

Untuk mendownload presentasi lebih lanjut mengenai detail langkah-langkah perencanaan kebutuhan warehouse silahkan download dari link slideshare berikut , atau dapat dilihat pada presentasi di bawah. Untuk konsultasi lebih detail untuk perencanaan kebutuhan warehouse silahkan menghubungi team konsultan excelogic pada link berikut.

(Click Link untuk melihat presentasi Perencanaan Kebutuhan Warehouse di Slideshare.net)

—————————–

Merari (Excelogic – Mei 2014)

——

Download  Perencanaan Kebutuhan Warehouse (PDF)


Article

Silahkan subscribe alamat email anda di sini untuk menerima notifikasi setiap artikel baru

Join 26 other subscribers