[Review Buku] Warehouse Layout


11 September 2014

Judul buku       : Warehouse Management A Complete Guide to Improving Efficiency and Minimizing Cost in the Modern Warehouse 2nd Edition , Chapter 9 – Warehouse Layout 

Penulis             : Gwyne Richards

 ——–

Persaingan pasar yang semakin ketat memiliki pengaruh yang signifikan dalam melakukan warehouse layout. Layout gudang dapat dikatakan optimal ketika memenuhi beberapa kriteria tertentu serta mengakomodir kebutuhan perusahaan pada saat ini dan juga fleksibel dan adaptif terhadap perubahan di masa depan. Intinya adalah ‘design for the future whilst building for today’. Salah satu contoh optimalisasi space adalah adalah penggunaan lantai mezzanine yang mengutilisasi dimensi tinggi dari warehouse.

Contoh Layout Gudang Fishbone Layout. source : http://bit.ly/1JVBJUP

Desain dan Layout warehouse membutuhkan perhatian terhadap hal-hal detail yang terperinci serta pengumpulan dan kompilasi data yang relevan dalam jumlah dan frekuensi yang banyak. Sebelum melakukan desain dan layout warehouse , dibutuhkan adanya analisis terhadap set data untuk melakukan model yang merepresentasikan desain dan layout warehouse.

Hal tersebut dilakukan baik saat Perusahaan membangun warehouse baru, berpindah ke warehouse baru, atau mendesain ulang warehouse saat ini. Artikel kali ini kita akan membahas hal-hal yang harus terlibat dalam desain warehouse dan beberapa alternatif dalam penyusunan layout dari warehouse.

Dalam melakukan layout dan desain warehouse ada beberapa faktor yang harus diperhatikan seperti :

  • Mengumpulkan dan menganalisa data sebanyak mungkin,
  • Memperikirakan arah pertumbuhan perusahaan dalam 5 sampai 10 tahun ke depan,
  • Memanfaatkan semua kapasitas kubikasi (baik secara panjang,lebar,dan tinggi) dari warehouse,
  • Memastikan bahwa desain warehouse fleksibel dan adaptaif jika diperlukan tambahan storage,
  • Mengutamakan keselamatan dan keamanan kerja dalam merancang warehouse,
  • Mengurangi jumlah pergerakan yang dibutuhkan pekerja dalam warehouse,
  • Melakukan standarisasi packaging untuk strorage dan distribusi,

Untuk memudahkan pemahaman akan tahapan dalam merancang desain dan layout dari warehouse maka berikut secara singkat dijabarkan secara umum hal-hal yang perlu dilakukan. Tahapannya adalah sebagai berikut.

Pengumpulan dan Analisa Data

Pengumpulan dan analisis data diperlukan dalam menentukan profil warehouse yang akan dirancang. Profil ini nantinya akan mencakup area penerimaan dan pengiriman barang, operasi penyimpanan dan pengambilan produk, dan area untuk value-added. Profil juga akan memuat semua jenis produk yang ada, jumlah produk yang ada, dan ukuran serta kode produk dalam warehouse. Data tambahan yang juga dibutuhkan adalah total pengiriman dari supplier perhari dan rata-rata produk yang masuk, total pengiriman ke konsumen perhari dan rata-rata pemesanan produk, dan metode dalam loading dan unloading produk dalam warehouse.

Menurut survei yang ada diindikasikan bahwa 52 % dari area floor warehouse digunakan untuk storage, 17 % digunakan untuk proses pengepakan, 16 % digunakan untuk proses penerimaan dan pengiriman, 7 % untuk value-added service, dan sisanya untuk area seperti penyimpanan pallet kosong, battery charging area, dan kegunaan lainnya.

Informasi yang dikumpulkan dallam profi warehouse sebaiknya dari tinjauan di lapangan atau data historis dan forecast perubahan produk di masa depan. Sangat tidak disarankan pengambilan data rata-rata (average) kecuali dengan asumsi yang sangat kuat karena dapat membuat terjadi kesalahan terhadap profil warehouse yang sesuai kebutuhan perusahaan.

Kalkulasi Area

Dalam penentuan area yang diperlukan dalam membuat layout warehouse, maka ada dua area yang harus diperhatikan yakni area storage dan area pengiriman/penerimaan. Area pengiriman/penerimaan sering dabaikan saat mengatur layout warehouse, akan tetapi area ini merupakan salah satu area penting dalam warehouse. Pengaturan yang seimbang antara jumlah pintu, jumlah peralatan dan jumlah pekerja sangat sulit dicapai dan memerlukan koordinasi antara pengiriman dan penerimaan. Area yang padat dapat berakibat pada keterlambatan pengiriman dan penerimaan.

Sama halnya dengan area pengiriman/penerimaan, area storage memerlukan kalkulasi yang tentunya melibatkan banyak faktor penentu. Setiap produk (SKU) dari barang yang disimpan di gudang perusahaan perlu dievaluasi dan dihitung untuk menentukan jumlah area yang diperlukan. Hal ini yang disebutkan sebelumnya memerlukan analisis dari satu set data yang kompleks dan memerlukan keahlian khusus dalam menganalisis nya. Hal ini nantinya juga akan menentukan jenis tempat penyimpanan yang dianjurkan, apakah block stacking, pallet racking, shelf and bin location, atau kombinasi dari semuanya.

Penentuan Lebar Lorong

Aspek yang krusial daalm membuat layout warehouse adalah lebar lorong. Lebar lorong ini dapat ditentukan dari jarak antara pallet dalam rak yang berdekatan. Selain itu, lebar lorong juga ditentukan dari area yang dibutuhkan forklift untuk bermanuver dan ukuran dari pallet yang dibawa. Penentuan lebar lorong yang baik harus mengikutkan faktor produktivitas, pemanfaatn ruang, keamanan/keselamatan kerja, dan biaya peralatan yang digunakan.

Penentuan Area Lain

Area lain yang dimaksud disini adalah area yang digunakan untuk merecharge baterai /penyimpanan bensin forklift, penyimpanan peralatan yang tidak digunakan, penyimpana pallet kosong, dan penyimpanan peralatan tambahan. Penentuan area ini di dalam warehouse tergantung pada jumlah staff dan peralatan yang diperlukan dan jenis operasi yang akan dilakukan selama warehouse beroperasi.

Layout warehouse yang efisien harus mengurangi pergerakan dan perpindahan barang antar pekerja baik dari sisi jarak maupun frekuensi. Warehouse juga harus bebas dari bottleneck dan cross traffic namun dengan tetap mengutamakan urutan tata letak yang logis. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, utilisasi warehouse juga tidak hanya bergantung pada luas lantai, tapi juga tinggi warehouse. Penggunaan mezzanine atau racking akan mewujudkan utilitas tinggi ruangan, namun perlu dipertimbangkan trade-off antara utilisasi tinggi warehouse dan waktu pengambilan yang berpotensial lebih lama.

—–

Paulus Bangun - Junior Consultant

—–

Download Artikel Review Buku Warehouse Layout (PDF)


Article

Silahkan subscribe alamat email anda di sini untuk menerima notifikasi setiap artikel baru

Join 26 other subscribers