SOP Sistem Manajemen Mutu (SMM)


8 June 2016

Standard Operating Procedure (SOP) Sistem Manajemen Mutu yang dibahas pada artikel ini adalah dokumentasi proses yang diwajibkan ada dalam ISO 9001:2008, SOP ini memiliki kesamaan antara satu perusahaan dan lainnya.

Dalam Implementasi ISO 9001 versi 2008 istilah Prosedur ‘wajib’ cukup familiar dan sering dipakai oleh beberapa Konsultan. Standard Operating Procedure (SOP) Sistem Manajemen Mutu ini dipandang wajib yang harus diimplementasikan oleh Perusahaan yang menerapkan (atau sedang mempersiapkan ISO 9001:2008. Beberapa tahapan proses dalam Perusahaan yang ‘wajib’ ada dalam bentuk prosedur dan formulir adalah :

  • 6 (Enam) Standard Operating Procedure (SOP) : Pengendalian dokumen, Pengendalian Rekaman, Internal Audit, Tindakan Perbaikan dan Pencegahan, Pengendalian Ketidaksesuaian, Tinjauan Manajemen, dalam bentuk Microsoft Word
  • 19 (Sembilan Belas) Form : Daftar Induk, Dokumen Asli, Usulan Perubahan Dokumen, Permintaan PTPP, Laporan Audit Internal,  dan lainnya dalam bentuk Microsoft Excel

>> Link SOP Manajemen Mutu (beli-template.com)

maxresdefault

Beberapa Konsultan ada yang membahas sesungguhnya Prosedur yang disebutkan wajib ini tidaklah ‘benar-benar’ wajib, namun keseluruhan proses (tahapan atau langkah-langkah) pada 6 aktifitas harus didokumentasikan dalam bentuk prosedur. Hal itu membuat keenam prosedur tersebut seolah-olah diharuskan dimiliki oleh Perusahaan. Excelogic Consulting dalam memberikan Konsultasi menyediakan ke-6 prosedur ini beserta 19 form pendukungnya kepada klien.

Beberapa contoh screenshoot dari Prosedur dan Form tersebut adalah :

p2-smm

Contoh prosedur pengendalian dokumen di atas dapat didownload versi PDF nya di link prosedur pengendalian dokumen kemudian dapat mendownload prosedur lain versi PDF di link prosedur pengendalian rekaman.

>> Link SOP Manajemen Mutu (beli-template.com)

formsmm1Contoh Formulir Daftar Induk Dokumen Asli

formsmm2Contoh Formulir Permintaan Penggandaan Dokumen

Untuk lebih lengkap mengenai keseluruhan file SOP Sistem Jaminan Mutu serta apa saja yang terdapat di dalamnya silahkan mendownload file Guidance SOP Sistem Manajemen Mutu atau jika ingin mendownload versi raw (editable) dalam bentuk Microsoft Word dan Excel silahkan kunjungi web kami untuk mendownload Prosedur Sistem Manajemen Mutu  yang kami sediakan via website kami Beli-Template.com.

>> Link SOP Manajemen Mutu (beli-template.com)

Exelogic Consulting and Training bersama dengan professional ahli di bidang dokumentasi management system (ISO) menyediakan jasa konsultasi pembuatan Prosedur (SOP) dan Instruksi Kerja (WI) untuk membantu Perusahaan memiliki  Prosedur (SOP) dan Instruksi Kerja (WI) yang detail serta terperinci dan tentunya dapat dijalankan oleh karyawan di semua departemen.

Excelogic membantu tidak hanya support sampai pembuatan Prosedur (SOP) dan Instruksi Kerja (WI) namun sampai ke seluruh dokumen yang berhubungan dengan SOP (Form dan Reporting) serta mendampingi fase implementasi (gap analysis, audit internal, improvement desain) serta post implementasi (surveillance).

Hasilnya diharapkan Perusahaan mendapatkan standard yang jelas dan terperinci untuk kemudian tentu dapat melakukan improvement yang signifikan sepanjang alur proses bisnis Perusahaan.  Jika Perusahaan anda membutuhkan Standard Operating Procedure (SOP) Manajemen Mutu atau Desain SOP untuk fungsi lain , silahkan hubungi team Excelogic Consulting di email dan kontak berikut.

—————————–

Ricky (Excelogic – June 2016)

—-

Download File (Editable) untuk SOP Sistem Manajemen Mutu (Beli-Template.com)

 


Article

Silahkan subscribe alamat email anda di sini untuk menerima notifikasi setiap artikel baru

Join 26 other subscribers