Standard Operating Procedure IT


20 July 2016

Standard Operating Procedure IT (Information Technology) pada artikel ini merujuk pada Prosedur yang mengatur aktifitas departemen IT yang bersifat rutin (day to day). Tulisan ini melanjutkan seri tulisan Standard Operating Procedure (SOP) yang lain seperti SOP Warehouse, SOP Purchasing, SOP HRD dan SOP Sistem Jaminan Mutu.

Pada era informasi dewasa ini, Departemen Information Technology (IT) tentu memiliki peran vital dalam perusahaan. Tidak hanya perusahaan-perusahaan besar, namun juga perusahaan kecil menengah yang kebanyakan pasti telah memanfaatkan IT dalam operasional kesehariannya. Contoh sederhana saja pada sebuah perusahaan trader mesin yang melakukan pembelian mesin dari China, maka peran komputer dan jaringan internet menjadi salah satu hal yang harus berjalan dengan baik.

Namun sayang-nya seringkali hal-hal minor seperti perawatan jaringan, perangkat keras, instalasi dan update program pada perusahaan kecil menengah tidak terlalu dianggap penting. Hal ini memunculkan potensi gangguan berupa down time pekerja karena laptop/PC tergganggu, jaringan internet lambat, instal/uninstal program dan lain sebagainya.

>> Link SOP IT (beli-template.com)

slide1

Tentu down time akibat hardware atau software failure ini merupakan sesuatu yang tidak bisa diprediksi dan kadang muncul karena faktor yang tidak bisa kita kendalikan. Pada saat melakukan konsultasi mengenai SOP di salah satu perusahaan Food and Beverages , tim Excelogic Consulting and Training menyarankan untuk membuat Standard Operating Procedure IT untuk meminimalisir kejadian down time karena hardware dan software failure. Usulan kami lalu di follow up, tim Excelogic Consulting bekerjasama dengan Departemen IT mulai membuat Standard Operating Procedure IT.

Standard Operating Procedure IT ini kemudian kami sesuaikan/generalisasi dengan kebutuhan banyak perusahaan, sehingga menjadi semacam tools bantu ketika kami melakukan Konsultasi ISO 9001 ataupun sedang melakukan setup/implementasi Standard Operating Procedure di perusahaan klien. Kemudian SOP IT ini kami tampilkan di website beli-template.com sebagai salah satu produk yang dapat di-download oleh user yang membutuhkan. Kami juga menyediakan Guidance SOP IT  serta Sample Prosedur Maintence Software dan Prosedur sebagai referensi user sebelum melakukan download produk SOP IT.

>> Link SOP IT (beli-template.com)

Fungsi Umum

Standard Operating Procedure Information Technology (IT) kami pandang cukup baik dan memenuhi kebutuhan mendasar Perusahaan untuk dapat melakukan maintenance software/hardware, back-up data serta mengelola akses user account dengan baik.

Konten

  • 4 (empat) Prosedur : Prosedur Maintenance Software,  Prosedur Back-up dan Maintenance, Prosedur  Maintenance Hardware, Prosedur Penanganan User Account. Dalam bentuk Microsoft Word (Full Editable)
  • 5 (Lima)  Form : Software Request, Equipment Replace, Database Backup, Hardware Request , User Account. Dalam bentuk Microsoft Excel (Full Editable)

Deskripsi

Standard Operating Procedure Information Technology (IT) diharapkan mampu menjelaskan kepada user mengenai bagaimana alur kerja departemen Information Technology (IT) dalam suatu perusahaan. Beberapa contoh screenshoot dari Standard Operating Procedure IT adalah sebagai berikut :

it1

List file yang didapatkan dalam SOP IT (beli-template.com) adalah 4 (empat) buah Prosedur/SOP dan 5 (lima) buah form. File ini dapat di-download oleh user dan di-edit untuk disesuaikan dengan kebutuhan atau proses bisnis yang berjalan di perusahaan.

it2Contoh prosedur di atas adalah prosedur untuk melakukan maintence software di perusahaan. Dengan melakukan prosedur ini, diharapkan ada tahapan atau langkah-langkah dalam melakukan maintenance software yang dimulai dari adanya kebutuhan oleh user.

it3

it4

Contoh di atas adalah contoh form software request dan replacement equipment. Form ini dibutuhkan untuk record aktifitas yang dilakukan, sehingga dapat dilakukan monitoring terhadap aktifitas tersebut.

>> Link SOP IT (beli-template.com)

Exelogic Consulting and Training bersama dengan profesional ahli di bidang dokumentasi management system (ISO) menyediakan jasa konsultasi pembuatan Prosedur (SOP) dan Instruksi Kerja (WI) untuk membantu Perusahaan memiliki  Prosedur (SOP) dan Instruksi Kerja (WI) yang detail serta terperinci dan tentunya dapat dijalankan oleh karyawan di semua departemen.

Hasilnya diharapkan Perusahaan mendapatkan standard yang jelas dan terperinci untuk kemudian tentu dapat melakukan improvement yang signifikan sepanjang alur proses bisnis Perusahaan.  Jika Perusahaan anda membutuhkan konsultasi ISO 9001 atau Desain SOP untuk fungsi lain , silahkan hubungi team Excelogic Consulting di email dan kontak berikut.

—————————–

Merari (Excelogic – July 2016)

—-

Download File (Editable) untuk SOP IT


Article

Silahkan subscribe alamat email anda di sini untuk menerima notifikasi setiap artikel baru

Join 25 other subscribers