Standard Operating Procedure (SOP) Purchasing


11 May 2016

Standard Operating Procedure (SOP) Purchasing  atau digunakan bagian Purchasing untuk melakukan aktifitas Purchasing sehari-hari dan sebagaimana dengan SOP pada departemen lainnya, Standard Operating Procedure (SOP) Purchasing ini sekaligus sebagai tools atau panduan untuk melakukan urutan tahapan pekerjaan dengan benar. Sebelumnya kami sudah membahas Standard Operating Procedure (SOP) Pergudangan dan Standard Operating Procedure (SOP) HRD. pada artikel lain di website Excelogic Consulting and Training ini.

>> Link SOP Purchasing (beli-template.com)

Standard Operating Procedure (SOP) Purchasing yang kami bahasa adalah produk kami yang ditampilkan di beli-template.com yang berisi 10 prosedur dan 12 form dengan detail sebagai berikut :

  • 10 (sepuluh) Standard Operating Procedure (SOP) : Prosedur pembelian barang, pembelian ATK, seleksi supplier, order pembelian, retur barang, retur reject stock, evaluasi supplier, stock opname, keluar barang dan masuk barang. Seluruh prosedur dalam format Microsoft Word
  • 12 (dua belas) Form : Purchase order, purchase requisition, kualifikasi supplier, pemilihan barang baru, supplier terseleksi, goods return form, evaluasi supplier, barang keluar, bin card, delivery order dan barang masuk gudang. Seluruh Form dalam format Microsoft Excel

Melalui SOP dan Form ini urutan pekerjaan yang dilakukan oleh departemen purchasing memiliki kejelasan dan sesuai dengan alur kerja di beberapa perusahaan. Berikut adalah beberapa contoh screenshoot dari file Standard Operating Procedure (SOP) Purchasing :

List Prosedur dan Dokumen

List prosedur dan form seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, yaitu 10 prosedur dan 12 form yang dibutuhkan dalam pekerjaan departemen purchasing sehari-hari.

Prosedur Order>> Link SOP Purchasing (beli-template.com)

Contoh flowchart untuk order pembelian. Flowchart SOP Purchasing ini di-develop sesuai dengan karakteristik alur kerja pada perusahaan masing-masing. Melalui adanya Flowchart ini diharapkan akan memastikan fungsi dan peran setiap karyawan dalam pekerjaan order pembelian, sehingga dengan kejelasan fungsi dan peran setiap karyawan dalam pekerjaan order pembeliaan, diharapkan mampu memberikan hasil yang konsisten. Contoh Standard Operating Procedure (SOP) Purchasing / Prosedur Purchasing yang lain dapat dilihat pada link beli-template.com

Form PO

Contoh form di atas adalah Form Purchase Order. Departemen Purchasing disarankan harus memiliki format standar untuk purchase order lengkap dengan tempat approval dari yang bertanggung jawab terhadap PO tersebut (pembuat PO dan atasannya). Perusahaan yang ingin mengetahui form-form standar untuk departemen purchasing dapat men-download pada link beli-template.com

Excelogic Consulting and Training bersama dengan professional ahli di bidang dokumentasi management system (ISO) menyediakan jasa konsultasi pembuatan Prosedur (SOP) dan Instruksi Kerja (WI) untuk membantu Perusahaan memiliki  Prosedur (SOP) dan Instruksi Kerja (WI) yang detail serta terperinci dan tentunya dapat dijalankan oleh karyawan di semua departemen.

>> Link SOP Purchasing (beli-template.com)

Excelogic membantu tidak hanya support sampai pembuatan Prosedur (SOP) dan Instruksi Kerja (WI) namun sampai ke seluruh dokumen yang berhubungan dengan SOP (Form dan Reporting) serta mendampingi fase implementasi (gap analysis, audit internal, improvement desain) serta post implementasi (surveillance).

Hasilnya diharapkan Perusahaan mendapatkan standard yang jelas dan terperinci untuk kemudian tentu dapat melakukan improvement yang signifikan sepanjang alur proses bisnis Perusahaan.  Jika Perusahaan anda membutuhkan Standard Operating Procedure (SOP) Purchasing atau Desain SOP untuk fungsi lain , silahkan hubungi team Excelogic Consulting di email dan kontak berikut.

—————————–

Merari (Excelogic – Mei 2016)

—-

Download File (Editable) untuk SOP Purchasing (Beli-Template.com)


Article

Silahkan subscribe alamat email anda di sini untuk menerima notifikasi setiap artikel baru

Join 26 other subscribers